Senin, 21 Januari 2013

Pengalaman Wisata ke beberapa daerah di Sulawesi Utara

Hola...
Kali ini mau share perjalanan saya ke beberapa daerah di Sulawesi Utara..
Mariii lanjut...

MANADO

Dari Jakarta saya kesini makan waktu kurang lebih 3 jam..dan akhirnya sampai di Bandara Sam Ratulangi Manadoooo...
Di depan Bandara ini terpampang jelas banget ada tulisan "SI TOU TIMOU TUMOU TOU"
ada yang tau artinya??
Si tou timou tumou tou artinya “Manusia baru dapat disebut manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia“. Keren bgt kan artinya :)
Dari Bandara gw menuju pusat kota..viewnya juga ga kalah keren..banyak pemandangan gunung..kebetulan gunung lokon lagi keluarin asap. nih fotonya:

FYI dari Bandara sini transportasinya gampang koq, ada banyak alternatif pilihan.

Sesampainya di Kota Manado,langsung check in ke Hotel Minahasa..murah, sarapannya juga enak, fasilitasnya juga banyak. Nih view dari hotelnya :

 Sebenernya di Kota Manado ada banyak jenis hotel dari melati sampai Bintang 5 harganya bervariasi dari 100rb sampai jutaan rupiah kembali lagi tergantung budget kita masing-masing.
Soal makanan?? banyak banget makanan disini and rata-rata seafood, banyak makanan khas sini dan semuanya enak (menurut saya)
Pusat perbelanjaan juga banyak contohnya manado town square. Untuk Transportasi di dalam kota Manado ini ada banyak angkot atau angkutan umum dan yang membuat angkutan ini sepesial adalah...Angkot merka di modif sampe ada TV LCD Flat yang besar dan belum sound systemnya gokillll....Kerennn..
saya saja sampai turun dari mobil yang saya sewa dan merasakan naik angkot tersebut..hehe pengalaman baru buat saya

PULAU BUNAKEN
Siapa yang gatau Bunaken??
Tempat ini terkenal banget and kekayaan lautnya yang keren banget. Dikenal dengan tempat paling oke buat menyelam
Untuk menuju Bunaken, kita bisa menggunakan perahu kecil yang biasa dioperasikan di Pelabuhan Kota Manado. Banyak option buat kesini, kembali lagi tergantung budget kita hehe

Ada Speed boat biasa, harga sewanya sekitar Rp 500-700 ribu per perahu. Speed boat ini akan mengantarkan kita menuju terminal Taman Laut Bunaken. Karena speed boat ini tidak punya kotak kaca untuk melihat taman laut, di terminal Taman Laut Bunaken kita mesti pindah kapal yang ada kacanya. Pindah kapal ini harganya sekitar Rp 100 ribu per orang. Lebih baik rame-rame naik kapal ini, agar ongkos sewanya bisa ditanggung bersama. Kalaupun sendiri atau berdua, menunggu orang lain yang akan menyewa juga bisa.
Perahu dengan Kotak Kaca

Jenis kapal kedua adalah kapal yang mempunyai kotak kaca. Kotak kaca ini dipergunakan untuk melihat taman laut dengan segala biota di dalamnya. Dari kapal ini kita bisa melihat dalam laut mulai dari terumbu karang and ikan-ikan yang seliweran. Kapal jenis ini harganya sekitar Rp 750 ribu hingga Rp 850 ribu, tergantung kemampuan kita menawar. Jenis kapal ini memuat maksimal hingga 12 orang. Untuk yang ini kita bisa menunggu orang yang sama-sama ingin ke Bunaken biar lebih murah tentunya..

Yang lebih murah adalah jenis kapal Taksi. Kapal ini merupakan kapal penumpang yang merupakan alat transportasi penduduk di pulau Bunaken menuju Kota Manado. Biaya penyeberangan ini murah, cuma Rp. 10.000 per orang.Tapi ada jadwal-jadwalnya.

Disini ada Restaurant seafood, makanannya enak-enak harganya juga ga mahal-mahal banget. Ada juga kios souvenir baju-baju yang harganya juga murah, tapi lebh baik nawar dulu :)

Kita bisa Snorkeling and diving disini..
Kita dikenakan tarif untuk penyewaan baju, alat-alat berenangnya dan kalau mau foto-foto juga mereka sewain kamera dalam air yang lumayan mahal. belum lagi kita harus bayar guidenya. Tapi ya kebayar dooong sama puasnya kita ngeliat Aquarium Raksasa ini hehe

Ini peralatan and baju yang saya sewa:

ini foto snorkeling di bunaken

 MINAHASA UTARA

Setelah puas bermain-main saya lanjut ke Minahasa Utara. Ada apakah disini?? Dalam perjalanan saya kesini ada komplek yang berdiri patung dan jam raksasa. Keren banget viewnya..
and then saya masuk ke daerah air madidi...sebenernya di minahasa utara ada banyak banget tempat wisata cuma waktu Saya terbatas kemaren hehe..
Disini ada gunung kelabat, ada goa jepang, Air Terjun Tumatenden dll

Disini juga gw ngeliat ada mata air yang didindingnya ada cerita sejarahnya, sayang tempatnya tidak terawat. 
Mata air di Minahasa Utara by @chatrinewodi
Kita juga bisa nemuin Waruga disini.
Ada yang tau WARUGA itu apa??
Waruga adalah kubur atau makam leluhur orang Minahasa yang terbuat dari batu dan terdiri dari dua bagian.
Bagian atas berbentuk segitiga seperti bubungan rumah dan bagian bawah berbentuk kotak yang bagian tengahnya ada ruang.
Orang yang telah meninggal diletakkan pada posisi menghadap ke utara dan didudukkan dengan tumit kaki menempel pada pantat dan kepala mencium lutut. Tujuan dihadapkan ke bagian Utara yang menandakan bahwa nenek moyang Suku Minahasa berasal dari bagian Utara.  Buat lebih jelasnya bisa search di mbah google yaa..atau tanya sama om wiki (wikipedia) hoho...

Keren kan?? ada banyak lokasi waruga, disekita mata air juga ada waruga, nih fotonya :
salah satu waruga by @chatrinewodi
 Kalo foto yang satu ini, cara mereka memasukan mayatnya, seperti yang saya jelasin sebelumnya.
Waruga
 Beda untuk mayat perempuan sama laki-laki yaitu..kalo laki-laki hanya menggunakan satu piring besar dibawah tempat dia didudukan tujuannya agar tulang-tulangnya tertampung disatu tempat, kalo perempuan kenapa harus ada dua yaa??
gini lo..kalo perempuan kan suka membawa perhiasan yang dia pakai, soooo...pada saat mereka sudah jadi tulang belulang, piring yang diatas akan menutup dan saling bertemu dengan piring yang dibawahnya. Perhiasan yang mereka pakai ga akan kemana-mana
 Dimakam sini ada pemandunya loo...orangnya baik dan menjelaskan secara detaiiiilllll banget..dan didepan makam ada museumnya juga yang berbentuk rumah adat. Tapi beberapa barangnya sudah banyak yang dipindahin ke museum manado

BITUNG
Setelah puas keliling now jalan ke Kota Bitung, Kotanya bersih dan ada pelabuhan kapal laut juga. Dari sini lanjuuutt ke Batu Putih.
Di Batu Putih ada pantai yang pasirnya hitam. Bukan Putih! and ombaknya lumayan besar. Nih fotonya:
  

Selain ituuuuu pernah denger Tarsius??
Tarsius itu monyet paling kecil di dunia..
Monyet ini bisa kita temukan di Tangkoko Forest. Perjalanan kesini bener-bener rindang pepohonan besar besar banget
Sampailah di Tangkoko Forest, perlu diingat..mulai dari sini kita harus jalan kaki untuk bisa melihat  tarsius, ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi selama di tangkoko forest ini
  
Setelah jalan kurang lebih setengah jam, sampailah saya melihat tarsius..senangyaaaaa...
perlu diketahui, tarsius adalah mahluk nocturnal..asrtinya mereka beraktifitas pada malam hari dan tidur siang hari.
Beruntung banget saya bisa melihat hewan ini diwaktu siang...hehe
 Untuk Penginapan, disini banyaaakkkkk banget penginapan murah...mulai dari homestay sampe rumah penduduk yang disewakan.

Sooo cukup sekian dulu yaaa...nanti saya lanjut lagii..

semoga bermanfaat walaupun sedikit..... :)



2 komentar:

Unknown mengatakan...

makasar merupakan salah satu destinsi yg bagus di indonesia, tetapi diindonesia masih punya banyak tempat wisata bagus, untuk mengekspos lagi tempaat bagus di indonesia kita bisa buka di: http://pariwisata.gunadarma.ac.id/

obat herbal mengatakan...

memang sangat inda makasar
agen viagra
pil biru
obat hammer